Sabtu, 19 Desember 2009

Manajemen Keuangan Harmonis Bagi Pasangan





Tanpa memperhatikan seberapa banyak atau sedikit yang orang miliki, manajemen keuangan adalah hal paling umum yang menyebabkan perselisihan dalam sebuah hubungan. Dimana setiap pasangan adalah berbeda, kebanyakan argumen mengenai masalah keuangan dimulai dengan kurangnya pengorganisasian dan kurangnya komunikasi. Dari keduanya adalah permasalahan isyu, dan tingkah laku yang bisa berubah.

Berikut adalah beberapa tips untuk manajemen keuangan yang harmonis :

Terorganisasilah

Ciptakan sistem manajemen keuangan yang bisa bekerja untuk keduanya. Pilih satu tempat untuk buku-buku cek, kwitansi, dan informasi-informasi lain yang berhubungan dengan transaksi keuangan. Gunakan jasa konsultasi keuangan penanda file `Untuk Dibayar` bagi pembayaran kartu kredit, hipotek bulanan, mobil, dan brosur pembayaran asuransi, bayaran keperluan, dll, dimana seharusnya disatukan bersama sampai masing-masing dibayar.

Cantumkan Detail Dalam Catatan

Banyak orang membawa informasi finansial (gunakan jasa konsultasi keuangan) mereka bersama mereka dalam kepala mereka.. Dimana kemampuan untuk mengingat fakta-fakta dan angka-angka adalah mengesankan, semua informasi itu mengambil banyak tempat dalam memori pikiran anda. Tahukah anda bahwa Albert Einstein pun tidak membawa nomor teleponnya ke dalam memori otaknya ? Ia menggunakan `tempat` tersebut untuk ide-ide baru. Mengeluarkan semua detail tersebut dari kepala anda dan menaruhnya ke kertas catatan akan menolong anda lebih baik selagi membuat data catatan yang lebih mudah dengan pasangan anda.

Jadwalkan "Meeting Manajemen Keuangan"

Duduklah dengan pasangan anda secara teratur untuk membicarakan keuangan anda berdua. Atur semua informasi tentang pembayaran-pembayaran yang memiliki batas waktu, berapa jumlahnya, dan kapan batas waktu setiap pembayaran ke dalam format yang mudah untuk dibaca atau juga anda bisa menggunakan jasa akuntan publik atau akuntan keuangan.

Bersama-sama, telaah pengeluaran-pengeluaran anda, bandingkan antara pemasukan dan pengeluaran bulanan anda, dan pikirkan bersama solusi-solusi untuk masalah yang bertumbuh atau cara untuk menaikkan pendapatan. Intinya adalah, berpikir bersama-sama untuk solusi atas setiap permasalahan yang ada.

Hentikan Penganiayaan Karena Uang

Meeting keuangan dimaksudkan untuk memperkuat anda. Dimana menghadapi fakta-fakta dan angka-angka bisa mengecilkan hati atau mengecewakan pada awalnya, ingatkan diri anda sendiri bahwa terkadang permasalahan bisa menjadi lebih besar sebelum itu menjadi lebih baik. Untuk mencegah keadaan menjadi perang argumen, awali pertemuan anda dengan perjanjian mengenai apa yang anda berdua akan lakukan ketika suasana menjadi tinggi.

Jika anda mendapati diri anda berdua dalam masalah, dapatkanlah pertolongan yang tepat. Jangan membuat situasi menjadi lebih buruk dengan menunda tindakan. Konseling professional (cth akuntan publik atau akuntan keuangan)dan jasa pelatihan tersedia, dan terkadang satu sesi saja sudah membuat anda kembali ke jalur yang benar. Pelajari bagaimana untuk menjadikan manajemen keuangan sebagai kekuatan positif daripada menjadi kekuatan yang menghancurkan dalam hubungan anda.

7 komentar:

  1. tips yang bagus sobat, sangat bermanfaat, thanks ya

    BalasHapus
  2. Tips yang bagus.. Betul juga tuw.. bahkan einstein pun pakai 'tempat' untuk angka-angkanya...

    tq

    BalasHapus
  3. Bagus banget nih, mungkin akan saya pakai sebagai sumber artikel di blog saya nanti. Tentu link blog ini saya cantumkan...

    BalasHapus
  4. wah, tulisannya asik nih, ijin baca2 sob :D

    BalasHapus
  5. menej keuangan,pekerjaan yang belum terbiasa saya lakukan ^_^
    Terima kasih artikelnya,,

    BalasHapus

free counters